Rabu, 22 Mei 2013

KALIBENDO BERASAP


Hari ini (22/05) Puskesmas Bades bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang melaksanakan pengasapan (fogging) untuk mencegah terjadinya serangan demam berdarah (DB) di Desa Kalibendo. Sebanyak tiga petugas dari Dinas Kesehatan dan lima petugas dari Puskesmas Bades  melakukan pengasapan atau fogging pada wilayah-wilayah yang menjadi sarang nyamuk dan pemukiman warga.

Hal ini dilakukan berkaitan dengan adanya beberapa warga yang terjangkit Demam Berdarah dan dirawat di Puskesmas lalu dirujuk ke Rumah Sakit Islam. Fogging adalah salah satu upaya untuk mempercepat pemberantasan dan memutus siklus hidup nyamuk Aedes Agypti yang menjadi penyebab menularnya penyakit demam berdarah. Nyamuk Aedes beraktivitas menghisap darah pada pagi hingga siang, serta sore hari hingga petang. Agar tepat sasaran, maka pengasapan sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan sore hari. Program fogging ini diupayakan semaksimal mungkin agar warga dapat terhindar dari berjangkitnya penyakit deman berdarah.

Fogging selama ini dinilai salah satu cara efektif memberantas nyamuk padahal yang terpenting bagaimana mewujudkan prilaku bersih di lingkungan masyarakat

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar