Jumat, 15 November 2013

APA ITU LOMBA LSS?

SMK Negeri Pasirian ditunjuk Kabupaten Lumajang sebagai salah satu sekolah untuk mengikuti Lomba LSS. Apa itu Lomba LSS? Lomba LSS adalah Lomba Lingkungan Sekolah Sehat. Adapun yang menjadi objek penilaian pada Lomba LSS –UKS ini adalah lingkungan sehat, tata ruang, administrasi pendidikan dan pelayanan kesehatan yang dijabarkan pada empat aspek diantaranya kebersihan lingkungan sekolah (lingkungan sehat), aspek perangkat pendukung sekolah, aspek prilaku sehat anak didik atau civitas sekolah, aspek keagamaan dan aspek tata ruang.  Kemudian penambahan dalam hal sarana ibadah, pembinaan secara maksimal tentang kesehatan dan keamanan serta ketertiban sekolah harus diprioritaskan. 
Kegiatan lomba LSS-UKS ini dilaksanakan karena bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang dimulai di dunia pendidikan. Dengan lomba LSS dan UKS diharapkan mampu menciptakan suasana kondusif di sekolah sebagai sarana belajar anak didik bangsa. Sehingga dengan terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat dapat menghasilkan anak-anak yang cerdas dan sehat sebagai generasi penerus perjuangan bangsa dan negara. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan tidak semata-mata meningkatkan kualitas pendidikan dan usaha peningkatan menuju sekolah sehat tapi dapat juga memberikan kontribusi dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia khususnya melalui jalur pendidikan. Dengan demikian ajang penilaian Lomba Sekolah Sehat ini diharapkan akan meningkatkan motivasi jajaran pemerintah dan dunia pendidikan untuk lebih bersemangat dan lebih giat lagi dalam meng-integrasi-kan pemikiran dan kegiatan pada usaha peningkatan kesehatan sekolah menuju sekolah yang sehat dan berstandar nasional bahkan internasional. Dalam pelaksanaan pembangunan pendidikan fungsi sekolah perlu mendapatkan perhatian yang serius serta ditumbuh-kembangkan secara seimbang sehingga mampu meningkatkan kualitas pendidikan  dan dapat berfungsi sebagai wahana untuk peningkatan sumber daya manusia sebagai generasi penerus bangsa.
Pada kegiatan Lomba Sekolah Sehat ini, titik berat perhatian pembinaannya berada pada sekolah dan lingkungannya yang secara seimbang baik fisik maupun non fisik, dimana kegiatan belajar mengajar, sarana dan prasarana serta kegiatan ekstra lainnya yang dapat menunjang pelaksanaan pendidikan di sekolah sehingga  Penilaian sekolah sehat ini akan memberikan dorongan dan motivasi untuk meningkatkan pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) oleh instansi terkait di berbagai tingkatan administrasi.  Pengembangan fungsi sekolah terutama fungsi pendidikan, pengajaran, dan sosialisasi menjadi dasar dalam rangka terwujudnya pengembangan kecerdasan dan intlektual serta pengetahuan tentang kesehatan yang optimal pada anak didik.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar