Minggu, 30 Agustus 2015

Jaminan Kesehatan Nasional Kecamatan Pasirian tahun 2015





Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan bagian dari Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang diselenggarakan dengan menggunakan mekanisme asuransi kesehatan sosial yang bersifat wajib (mandatory) berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang SJSN dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat yang layak yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh Pemerintah. (Sumber: www.jkn.kemkes.go.id)

Pelaksanaan kegiatan JKN kali ini diadakan di Balai Desa Bades yang pada tanggal 7 Agustus 2015. Pelaksanaan JKN ini dilakukan bersamaan dengan imunisasi serta timbang bayi bagi balita. Program JKN di kondisikan melayani kesehatan bagi warga masyarakat kurang mampu yang sudah menginjak umur diatas 40 tahun. Karena program JKN itu gratis maka banyak sekali masyarakat dengan antusias datang untuk berobat, baik laki-laki maupun perempuan. 



Petugas yang melayani para warga terdiri dari petugas kesehatan dari Puskesmas setempat. Adapun acara timbang balita ini difasilitasi oleh Bidan Desa dan para pembantu awak medis yang bertugas di Puskesmas Desa Bades. Karena timbang bayi adalah satu jadwal rutin yang di lakukan oleh pihak Dinas Kesehatan bekerjasama dengan lembaga desa Gerbangmas, maka banyak sekali ibu-ibu muda yang mempunyai anak balita berbondong bondong datang ke Balai Desa Bades untuk menimbang dan melihat perkembangan si anak. Selain melakukan imunisasi untuk para balita dalam penimbangan balita tersebut petugas bersama anggota Gerbangmas/ Posyandu juga membagikan asupan bergizi yaitu berupa bubur kacang hijau kepada ibu-ibu untuk diberikan kepada anaknya. Acara ini pun selesai pada pukul 12.00 WIB.

0 komentar:

Posting Komentar