Jumat, 13 April 2018

Keripik Buah Bersabut

Keripik merupakan camilan kering yang bisa dibuat dari berbagai bahan. Salah satunya adalah dari Buah Kelapa.
Awal mula usaha Keripik Buah Kelapa ini dimulai awal bulan Nopember 2017, Pak Irfan (warga Desa Pasirian - Lumajang) mempunyai seorang kenalan dari Jakarta yang mendapat pesanan untuk membuat keripik Buah Kelapa.
Sebelumnya, rekan Pak Irfan tersebut mempunyai usaha pembuatan Keripik Buah Kelapa di Kota Yogyakarta namun karena produksinya kurang, akhirnya beliau meminta kepada Pak Irfan untuk memproduksi Keripik Buah Kelapa juga.
Karena Pak Irfan tidak mempunyai bahan baku, akhirnya Bahan Baku berupa Buah Kelapa tersebut didatangkan dari Kabupaten Banyuwangi. Dan selanjutnya seluruh peralatan dipasok oleh kenalan Pak Irfan tersebut dan Pak Irfan hanya menyediakan lokasi (yang berada di Desa Kalibendo dan Bades) serta tenaga kerja. Sampai saat ini Pak Irfan memperkerjakan orang sebanyak 80 orang di wilayah Kalibendo dan 40 orang di wilayah Bades - Pasirian untuk memproduksi Keripik Buah Kelapa. Setelah barang jadi, produk dikirim ke Jakarta utuk dipacking ulang. Jadi di sini Pak Irfan hanya bertindak sebagai pemasok dan bukan exportir Keripik Buah Kelapa.
Dalam menjalankan usahanya tersebut (dari bulan Nopember 2017 s.d saat ini), belum ada perijinan secara legal atas produksi keripik buah kelapa yang diproduksi oleh Pak Irfan.
Mengenai proses pembuatan Keripik Buah Kelapa sbb :
1. Buah kelapa dikupas dan dibuang kulit arinya kemudian dipotong dan diiris tipis-tipis
2. ‎Selanjutnya irisan Buah Kelapa tersebut ditiriskan
3. ‎Kemudian dioven selama 24 jam.
4. ‎Hasil jadi dimasukkan ke dalam plastik lalu dikirim ke Jakarta.
Perlu diketahui, keripik Buah Kelapa ini bisa dijadikan sebagai bahan sereal yang cara memakannya dicampur dengan susu dan dikonsumsi saat sarapan pagi oleh masyarakat luar negeri. (Toyyibatur Rochmah)

Reaksi:

1 komentar:

  1. Potensi yg bagus sekali. Semoga semakin berkembang

    BalasHapus