Jumat, 13 April 2018

Kreatifitas warga desa Kalibendo menyulap pisang menjadi 'Tape Pisang' yg telah me-Nusantara

Seperti yang kita ketahui bahwa Desa Kalibendo, Kec. Pasirian, Kab. Lumajang selama ini dikenal sebagai sentra penghasil Gula Merah/Gula Kelapa. Namun siapa sangka, dari kreatifitas seorang warga Desa Kalibendo, tercipta camilan olahan buah pisang yang lain dari biasanya, yaitu Tape Pisang.
Tape Pisang? Ya benar. Tape yang terbuat dari Pisang. Selama ini Tape hanya dikenal sebagai camilan dengan bahan dasar Singkong/Ubi Kayu yang ditaburi dengan Ragi Tape. Namun di tangan kreatif Sdri. Toyibatur Rochmah, salah seorang warga Desa Kalibendo, Kec. Pasirian, Kab. Lumajang, buah Pisang pilihan diolah kembali menjadi Tape. Dan ternyata Tape Pisang mempunyai rasa yang lebih nikmat jika dibandingkan dengan Tape yang terbuat dari bahan lain. Tape Pisang produksi warga Kalibendo ini mempunyai rasa nikmat Tape dengan kelembutan buah pisang. Sebuah sensasi rasa yang akan membuat kita kembali ingin merasakannya lagi.
Bermula dari pemikiran tentang berlimpahnya Buah Pisang di desanya, akhirnya muncul ide awal untuk membuat camilan berupa Tape dengan bahan dasar Buah Pisang. Setelah melakukan eksperimen berulang kali akhirnya Sdri. Toyibatur Rocmah berhasil menemukan metode pembuatan Tape Pisang dengan rasa yang manis dan berselimut putih.
Setelah berhasil membuat Tape Pisang dengan rasa nikmat dan lembut, akhirnya Sdri. Toyibatur Rochmah mencoba mengenalkan produk Tape miliknya pertama kali kepada konsumen pada acara Festival Layang-Layang Kabupaten Lumajang, pada tanggal 11 Desember 2016, dan diapresiasi positif. Seluruh produk yang disajikan bisa terjual habis dalam jangka waktu singkat. Bahkan Bapak Bupati, saat itu dijabat oleh Bpk. H. As'at, M. Ag., sempat mencicipi produk Tape Pisang dan beliau berkomentar positif tentang camilan baru Tape milik Aroma. "Ini benar buah pisang, rasanya Tape".
Dan sejak saat itu, akhirnya Aroma menetapkan diri sebagai satu-satunya IKM yang mengolah buah Pisang menjadi beragam camilan yang kreatif di wilayah Kabupaten Lumajang dengan produk-produk : 1. Tapis ( Tape Pisang), 2. Carpis (Carangmas Pisang), 3. Dusogede (Madumongso Gedang Eco), 4. Stipis (Stick Pisang), 5. Keripis (Keripik Pisang), 6. Selpi Macho (Selai Pisang Mandi Coklat), 7. Rosa (Roll Sale Pisang).

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar