Senin, 04 November 2013

PEMBINAAN DAN RENCANA PROGRAM INI POHONKU

Apa jadinya sebuah organisasi tanpa adanya pelatihan dan pembinaan? Mungkin ini yang menjadi pemikiran bagian Humas sebagai induk organisasi dari Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ketika mengadakan acara yang bertema Pembinaan dan rencana penanaman pohonku. Acara ini diadakan di Pendopo Kecamatan Candipuro.
Acara ini salah satunya berisi pembinaan-pembinaan yang bertujuan meningkatkan kinerja KIM dan mendorong KIM agar segera memiliki usaha agar KIM mampu bertahan. Usaha kecil merupakan bidikan yang tepat guna memberdayakan SDM yang dimiliki KIM.
Selain pembinaan, rencana program ini pohonku juga merupakan isi dari acara ini. Diharapkan agar semua anggota KIM mensukseskan program ini dengan cara mengumpulkan biji-biji pohon keras yang ada di rumah masing-masing anggota selama satu bulan. Nantinya biji yang sudah terkumpul akan ditanam bersama-sama seluruh anggota KIM di lahan yang sudah dipersiapkan Bagian Humas.

Penghijauan merupakan tujuan utama dari program ini pohonku. Penghijauan dalam arti luas adalah segala daya untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat berproduksi dan berfungsi secara optimal, baik sebagai pengatur tata air atau pelindung lingkungan. Ada pula yang mengatakan bahwa penghijauan kota adalah suatu usaha untuk menghijaukan kota dengan melaksanakan pengelolaan Taman-taman kota, taman-taman Iingkungan, jalur hijau dan sebagainya. Dalam hal mi penghijauan perkotaan merupakan kegiatan pengisian ruang terbuka di perkotaan. Pada proses fotosintesa tumbuhan hijau mengambil CO2 dan mengeluarkan C6H1206 serta peranan O2 yang sangat dibutuhkan makhluk hidup. Oleh karena itu, peranan tumbuhan hijau sangat diperlukan untuk menjaring CO2 dan melepas O2 kembali ke udara. Di samping itu berbagai proses metabolisme tumbuhan hijau dapat memberikan berbagai fungsi untuk kebutuhan makhluk hidup yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan. Begitu peritingnya peranan tumbuhan di bumi ini dalarn menangani krisis lingkungan terutama di perkotaan, sangat tepat jika keberadaan tumbuhan mendapat perhatian serius dalam pelaksanaan penghijauan perkotaan sebagai unsur hutan kota.

0 komentar:

Posting Komentar