Senin, 25 April 2016

"PEMBAGIAN KARTU KKS (KARTU KELUARGA SEJAHTERA) KEC. PASIRIAN"

Minggu, 24 April 2016
PASIRIAN, Pembagian Kartu KKS (Kartu Keluarga Sehat) Gelombang I di Kecamatan Pasirian berjalan dengan lancar dan tertib. Pembagian KKS ini dilaksanakan di 11 Desa di Kecamatan Pasirian yaitu, Desa Pasirian (252), Desa Condro (202), Desa Madurejo (323), Desa Sememu (687), Desa Nguter (391), Desa Kalibendo (347), Desa Gondoruso (540), Desa Bades (619), Desa Bago (270), Desa Selok Awar-awar (526), dan Desa Selok Anyar (357). Jumlah Kartu KKS yang dibagikan pada gelombang 1 ini sebanyak 4.514 KKS.





Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)  merupakan program unggulan Presiden Jokowi-JK membantu meringankan beban masyarakat, khususnya keluarga miskin. Kartu ini akan diisi setiap 2 bulan sebesar Rp. 200.000,-. Sebelumnya, pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga pernah meluncurkan Kartu Perlindungan Sosial dalam rangka Program Percepatan dan Perluasan Sosial (P4S). Dengan memiliki KPS, rumah tangga berhak menerima program-program perlindungan sosial, seperti : Raskin dan Bantuan Siswa Miskin (BSM), sesuai dengan ketentuan yang berlaku hingga tahun 2014. Kini, para pemilik Kartu Perlindungan Sosial diminta untuk menukarkan kartunya dengan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), serta sim card (kartu HP) yang berisi uang elektronik. Jika KPS hilang atau rusak, bawa identitas lain dan surat keterangan dari kepala desa/lurah saat penukaran. 

Setiap kepala keluarga akan mendapat KKS dan 1 SIM card untuk diaktifkan pada HP yang mereka miliki. Nomor telepon di SIM tersebut juga berfungsi ganda sebagai nomor rekening untuk penyaluran Simpanan Keluarga Sejahtera (KKS). Setiap keluarga mendapat dana Rp 200 ribu per bulan yang disalurkan melalui nomor rekening tersebut. Nantinya, warga bisa melihat penyaluran dana tersebut melalui aplikasi *141*6# dari ponsel mereka. 


Reaksi:

1 komentar: