Kamis, 31 Oktober 2019

POSYANDU LANSIA DESA KALIBENDO

POSYANDU LANSIA 

 

 

  Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati, yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.

    Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan kader posyandu desa Kalibendo bersama tokoh masyarakat dan organisasi sosial dan para lansia sebagai masyarakat yang diberikan pelayanan.

    Posyandu lansia merupakan suatu fasilitas pelayanan kesehatan yang berada di desa yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan.

   Pada Kamis 17/10/2019 di Dusun. Sumberkadi Dusun. Kalibendo Kecamatan. Pasirian Kabupaten. Lumajang dilaksanakan Posyandu Lansia. Dalam acara tersebut petugas yang hadir Tim dokter muter (jawa) dokter keliling, Petugas Kesehatan Penanggung Jawab Desa (PPD) Desa Kalibendo, Prokes dan pemegang program lansia.

    Tujuan Posyandu Lansia adalah tujuan umum dan tujuan khusus :

*Tujuan Umum
Meningkatkan derajat kesehatan lansia untuk mencapai masa tua yg bahagia & berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.
*Tujuan khusus
1. Meningkatkan kesadaran lansia untuk membina sendiri kesehatannya
2. Meningkatkan kemampuan & peran serta masyarakat dalam menghayati dan mengatasi masalah      kesehatan lansia secara optimal.
3. Meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia
4. Meningkatnya jenis dan mutu pelayanan kesehatan lansia

   Tujuan pembentukan posyandu lansia secara garis besar antara lain :
1. Meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia
2. Mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan disamping meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut.

Pelaksanaan kegiatan terdiri dari
1. Pendaftaran
2. Pengukuran tinggi badan
3. Pengukuran berat badan.
4. Pemeriksaan tekanan darah
5. Penyuluhan
6. Senam
7. Pengobatan

Dengan adanya Posyandu Lansia ini diharapkan dapat mewujudkan masa tua yang bahagia dan berdayaguna.(kimdharmawangsakalibendo.blogspot.com)

0 komentar:

Posting Komentar