Kamis, 31 Oktober 2019

OPEN DEFECATION FREE DESA BADES

OPEN DEFECATION FREE (ODF)












 Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini.

BADES, 26/10/2019 melaksanakan Deklarasi ODF (Open Defecation Free) yang dihadiri oleh Plt Kepala Desa, Beserta perangkat, Rt. Rw kader gerbangmas. Kepala puskesmas Bades, 
 
 
 
 
 
Bupati Lumajang yàng diwakili oleh Asisten Adminitrasi, Ir. Nugroho Dwi Atmoko yang didampingi Camat pasirian Dondy suharto S.IP, M.Si, Danramil Pasirian Kapten Sujarno.

Camat pasirian Dondy Suharto menyampaikan ini adalah desa ke 3 (tiga) setelah Selok Awar Awar dan desa Condro, desa yang berada di wilayah kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang propinsi Jawa Timur.

Nugroho menambahkan  Deklarasi ini diharapkan masyarakat tidak buang air besar sembarangan,  Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyakit di lingkungan, untuk memutus penularan  harus dilakukan rekayasa pada akses ini. Agar usaha tersebut berhasil, akses masyarakat pada jamban (sehat) harus mencapai 100% pada seluruh komunitas. Sedangkan Desa/Kelurahan ODF (Open Defecation Free)  adalah Desa/kelurahan yang 100% masyarakatnya telah buang air besar di jamban sehat, yaitu mencapai perubahan perilaku kolektif terkait Pilar 1 dari 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. (kimdesabades.blogspot.com)

0 komentar:

Posting Komentar